Harga Plafon atau Langit-Langit Rumah September 2019

Langit-langit rumah atau yang biasa disebut dengan plafon merupakan pembatas antara atap dengan ruangan dibawahnya. Plafon atau langit-langit biasanya lebih mengarah kearah ke interior (estetik) daripada struktural. Ketinggian dalam pemasangan plafon biasanya di antara 2,5 meter hingga 3 meter, hal ini mempunyai tujuan agar sirkulasi dari ruangan menjadi lebih baik/ tidak pengap.

Harga Plafon/Langit-langit Rumah Terbaru

Sekarang ini, material untuk plafon dijual dengan berbagai macam jenis dan keunggulannya masing-masing. Berikut ini macam-macam plafon yang biasa digunakan dan dijual dipasaran:

1.Plafon Triplek

Plafon triplek adalah salah satu material paling umum dalam penggunaan langit-langit rumah. Triplek mempunyai ukuran 122 cm x 244 cm dan mempunyai ketebalan yang bermacam-macam, mulai dari 3mm, 4mm, 6mm. Pemasangan plafon triplek bisa langsung dipasang dengan ukuran tersebut dan rangka nya dapat menggunakan kayu kaso. Keunggulan dari plafon triplek adalah sangat mudah di pasang dan di dapatkan di toko material/bangunan. Kelemahan dari plafon triplek adalah mudah terbakar dan tidak tahan air.

2.Plafon Eternit atau Asbes

Plafon eternit atau asbes merupakan salah satu material yang juga umum dalam pemakaian plafon. keunggulan dari asbes ini, berlawanan dengan kelemahan dari plafon triplek yaitu lebih tahan api dan air. Ukuran dari eternit adalah 100 cm x 50 cm atau 100 cm x 100cm. Rangka plafon yang digunakan juga menggunakan kayu kaso. kelemahan dari plafon ini adalah dalam pemasangan harus hati-hati karena rapuh dan mudah patah.

3.Plafon Fiber/GRC

Plafon yang mulai cukup populer di gunakan sebagai langit-langit rumah. keunggulannya seperti dengan triplek hanya saja tahan terhadap api dan air plus lebih ringan. Ukuran dari plafon ini juga mirip dengan triplek yaitu 122 cm x 244 cm. Rangka yang digunakan juga menggunakan kayu kaso. Kelemahnya juga sama dengan asbes yaitu mudah patah dalam pemasangan sehingga perlu keahlian yang lebih khusus dalam pemasangan.

4.Plafon Gypsum

Plafon ini juga cukup digemari di pasaran. Keunggulan dari gypsum ini adalah lebih mempunyai banyak motif. Kelemahan dari material ini adalah tidak tahan terhadap air, yang membuat material ini bisa rusak. Ukuran gypsum yang dijual adalah 122 cm x 244 cm. Rangka yang digunakan adalah menggunakan kayu kaso juga dan bisa menggunakan besi holo.

5.Plafon Akustik

Plafon ini merupakan plafon khusus yang dapat meredam suara atau mengurangi kebisingan. Biasanya pemasangan plafon ini untuk ruangan audiotorium agar suara tidak sampai mengganggu ruangan sekitarnya. Ukuran dari plafon akustik biasanya 60 cm x 120 cm dan 60 cm x 120 cm. Pemasangan rangkanya pun juga bisa menggunakan kayu kaso atau bahan metal. Keunggulan material ini mudah dipasang dan dapat meredam suara. Kelemahnya adalah tidak tahan air dan cukup mahal.

Berikut ini harga dari berbagai macam jenis plafon yang umum digunakan:

List Harga Plafon/Langit-langit Rumah

NAMA MATERIALHARGA
Plafon TriplekRp. 70.000-Rp. 100.000 / lembar
Plafon Eternit/AsbesRp. 60.000-Rp. 90.000 / lembar
Plafon Fiber/GRCRp. 60.000-Rp. 70.000 / lembar
Plafon GypsumRp. 60.000-Rp. 80.000 / lembar
Plafon AkustikRp. 125.000-Rp. 200.000 / lembar

Agar dalam merencanakan perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) lebih mudah dan cepat, maka disajikan informasi harga plafon/langit-langit rumah. Harga yang disajikan dapat berubah sewaktu-waktu dan akan berbeda pada setiap daerah/tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *